Muncul Tanda Ini Pada Tubuh Anda, Segera ke Dokter! Gejala Penyakit Jantung


1. Xanthoma
Kamu perlu cek kadar kolesterol kamu kalau menemukan ada gumpalan lemak berwarna putih atau kuning yang biasanya terdapat di area kelopak mata, siku, atau lutut. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Beeresha Puttegowda, Amjad Ali, dkk dari Sri Jayadeva Institute of Cardiovascular Science and Research, India, gejala yang disebut xanthoma tersebut bisa jadi gejala awal penyakit jantung koroner.


Hal ini disebabkan kadar kolesterol yang sudah sangat berlebihan menyebabkan pembuluh darah tidak bisa lagi menampungnya dan akhirnya tersimpan di bawah jaringan kulit.


2. Bibir biru
Saat berada di daerah yang tinggi atau suhu dingin, sangat normal ketika bibir berubah jadi biru. Namun segera ke dokter kalau bibir biru tanpa sebab jelas karena bisa menandakan gangguan aliran pembuluh darah. Termasuk pembuluh darah jantung.

3. Perubahan pada kuku
Waspada kalau kuku jari mengalami penebalan atau membuat karena bisa jadi gejala penyakit jantung yang disebut dengan Hippocratic fingers.

4. Lipatan daun telinga
Telinga pun bisa menunjukkan pertanda penyakit jantung. Jangan abaikan lipatan diagonal pada daun telinga atau yang disebut dengan Tanda Frank (Frank’s sign).

Karena berdasarkan lebih dari 40 hasil studi, tanda ini menunjukkan risiko tinggi seseorang terkena aterosklerosis. Yakni timbunan plak di pembuluh darah yang mengakibatkan aliran darah terganggu.

5. Uban
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh European Society of Cardiology menemukan bahwa tumbuhnya uban juga bisa berhubungan dengan risiko penyakit jantung. Masalah rambut beruban dan jantung disebabkan oleh faktor yang sama, yakni stres oksidatif, perubahan hormon, penuaan sel fungsional pada tubuh dan risiko lainnya.

Untuk itulah bagi mereka yang masih muda tapi sudah banyak beruban, tak ada salahnya melakukan medical check up agar jika ada risiko penyakit bisa diketahui sedini mungkin.

0 Response to "Muncul Tanda Ini Pada Tubuh Anda, Segera ke Dokter! Gejala Penyakit Jantung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel